25 Oktober 2020

Batuud Tanggulangin hadiri Peresmian wisata olahraga di Sidoarjo

Diposting oleh : Lina
- Dibaca: 36 kali

ACARA PERESMIAN TEMPAT WISATA OLAH RAGA BARU DAN PAMERAN BATIK ATAU TAS KULIT DESA KALIDAWER KEC. TANGGULANGIN KAB. SIDOARJO

Sidoarjo

 

Wisata Olahraga Baru Desa Kalidawer Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo telah dilaksanakan Kegiatan Peresmian Tempat Wisata Olah Raga Baru & Pameran Batik atau Tas Kulit kas Kab. Sidoarjo dengan di ikuti -+ 70 Orang

 

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikutDrs. Hj. Khofifah Indar Parawangsa (Gubernur Jatim), Bapak Hudiono (PJ. Bupati Sidoarjo). Kombes Pol Sumardji, SH (Kapolresta Sidoarjo). Letkol Inf Muhamad Iswan Nusi, SH (Dandim 0816/Sidoarjo). Bapak Usman (Ketua DPRD Sidoarjo). Bapak Budi Setyawan (Kajari Sidoarjo) diwakili Bapak Ardhi (kasubsi bidang tindak pidana khusus) Bapak Yapi S.H (Kalanri Sidoarjo). Sabino Mariano S.Sos M.kp (Camat Tanggulangin). Akp. Eka Wira Dharma S,St, S,IK (Kapolsek Tanggulangin). Danramil 0816/06 Tanggulangin diwakili Bati Tuud (Peltu Kartono)

 

Adapun rangkaian kegiatan Rombongan Gubernur Jatim tiba di Lokasi Wisata Olahraga Baru Desa Kalidawer Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo di sambut oleh Forkopimda Kab. Sidoarjo

 

Bahwa luas Desa Kalidawer 125 H terdiri dari pemukiman dan pertanian. Desa Kalidawer bekerjasama dengan pengelola tempat wisata olahraga baru, adapun tanah yang digunakan pengembangan wisata (berkuda dan panahan) merupakan tanah yang kurang produktif. 

 

Diharapkan dengan kerja sama ini dapat dijadikan daerah wisata percontohan di Kab. Sidoarjo d. Dengan terbatasanya infrasruktur di Desa Kalidawer kami mohon dapatnya dukungan dari Pemprov Jatim agar pengembangan wisata di Desa Kalidawer dapat berkembang maju serta dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Kalidawer. 

 

Penayangan video terkait lokasi serta keadaan wisata olahrga baru Desa Kalidawer Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo.

 

Sambutan oleh Bapak Hudiono (PJ. Bupati Sidoarjo) Kegiatan hari ini yaitu Pameran produk unggulan Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 oleh Ibu Gubernur Jawa Timur, mudah-mudahan acara pada hari ini bermanfaat serta mendapatkan ridho dari Allah SWT. 

 

Apa yang menjadi keinginan masyarakat Kalidawir, kepala desa kemudian asosiasi pengusaha Desa dan Bumdes ini merumuskan untuk segera membuka arena ini, kami selaku pimpinan di wilayah kabupaten Sidorjo ini bersama dengan seluruh SKPD yang ada, karena di masa Pandemi ini menjadi pertimbangan maka kami laporkan pertimbangan kami bahwa seluruh aktivitas Sidoarjo bisa dilaksanakan dengan cara normal kalau masyarakat sudah benar-benar mematuhi tentang covid-19 ini dan itu tingkat kesembuhannya sekarang sudah mencapai 90%.

 

 

Mungkin ada beberapa lembaga pendidikan yang Saya kira ini harapan orang tua 85% ingin anaknya bisa masuk sekolah dan kami juga kami cek lapangan di beberapa daerah terpencil di Sidoarjo itu yang belum memiliki sinyal akhirnya kita berbeda. 

 

 

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sudah membuka akses dari wilayah Desa satu ke desa lainnya, jadi mohon maaf ketika ibu di sini itu baru sebulan. jadi jalannya luar biasa tidak rata dan ini mohon maaf karena ibu tidak nyaman di sini. 

 

Perlu kami laporkan di Sidoarjo ini ada 17 potensi yang yang perlu dikembangkan baik oleh pemerintah Kabupaten pemerintah pusat dan provinsi karena seperti yang disampaikan tapi bahwa potensi wisata mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi diantaranya di Sidoarjo 

 

Sambutan oleh Drs. Hj. Khofifah Indar Parawangsa (Gubernur Jatim) Potensi-potensi yang luar biasa keunggulan keunggulan kompetitif keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Desa Kalidawir dan dulu sangat terkenal daerah lumpur Lapindo sudah menggegerkan banyak elemen di negeri ini.

 

Wisata orang kaya tetapi diinisiasi oleh pemuda-pemuda Kalidawir luar biasa yang harus dirawat potensi yang luar biasa yaitu seperti olahraga berkuda. 

 

Ini menjadi penting karena ini adalah potensi yang luar biasa yang kemudian bersambung dengan wisata agro di persawahan, kalau desain yang video tadi di putar, itu betul-betul sudah bisa dinikmati oleh para wisatawan. Sarasa ini sangat menjanjikan karena di mana ada wisata hidup maka sektor riil akan hidup, oleh karena itu ide ini akan jadi PR kami Pemprov. Kontribusi bagian apa anak-anak muda kreatif Sidoarjo akan mengembangkan dengan cara mereka karena pikiran-pikiran out of the box mungkin sering kali tidak terbayang dalam pikiran para pinisepuh atau para senior. 

 

Untuk masuk pada transformasi digital, jadi seringkali saya mengutip pendapat nya Jack ma. Jack ma itu provider Alibaba, mereka pasti sudah sangat dekat sekali anak muda ini, Ali baba yang namanya Jack ma ketika pada world economic forum tahun 2030 kemungkinan sudah sampai 99% UKM kita akan diperdagangkan secara online.

 

Jack Ma Menyebut bahwa tahun 2030 proses perdagangan UKM kita 85% itu akan dilakukan dengan market place, jadi aplikasi-aplikasi platform platform menjadi bagian penting, 10 tahun kalau kita bilang cepat ya cepat kalau kita bilang panjang ya panjang tidak terasa, maka transformasi digital hari ini memang harus dilakukan yang memungkinkan siapapun yang berkunjung disini.

 

Oleh karena itu di mana ada inovasi dan kreativitas maka insya Allah di situ akan ada pertumbuhan-pertumbuhan ide dan pikiran-pikiran yang out of the box itu biasa muncul dari sumber mana yang kita tidak duga.

 

Saya mau ke Kalidawir, Saya ingin beliau menemukan bahwa ada yang bisa menjadi area destinasi wisata ya ini luar biasa sekali olahraga berkuda maka ketika datang olahraga berkuda biasanya orang kaya yang olahraga berkuda tapi saya ingin ini bisa dinikmati oleh masyarakat di sini terutama nanti yang memang mungkin ada santri mana, ada SD mana karena ini akan jadi area pendidikan bukan hanya area wisata ini menjadi penting untuk terus bisa kita temui dan kenali. 

 

Sekarang salah satu yang sudah cukup besar dan bisa menghasilkan cukup banyak, cukup besar juga dari desa itu, kita menginisiasi waktu itu dengan support himpunan bank negara ini akan menjadi bagian yang kita sinergikan bersama desa apa, Kecamatan support apa, Pemkab support apa dan Pemprov buat apa. Saya ingin memberikan tantangan pertama, tantangan pertama adalah yang sekarang sedang kita lakukan jadi Bapak Ibu sekalian terus sama adik saya anak saya asosiasi pengusaha Desa nama ini sangat keren sekali.

 

3 hari yang lalu Afrika Selatan, Dubes nya Pak Salman Al farisi juga ikut gabung kemudian dari California dari Paris dari Tiongkok Taiwan HongKong langsung secara virtual, itu tantangan pertama saya kepada asosiasi pengusaha Desa Kalidawir, jadi kalau ini mungkin kita bikin forum secara virtual nanti kita kenali produk-produknya bukan hanya untuk desa wisata sini tapi ada produk tas, ada bentuk macam-macam desa yang tadi sudah disampaikan oleh Pak penjabat Bupati sebetulnya sudah dikisahkan sebagai dasar tematik menurut saya. 

 

Seperti yang tadi disampaikan oleh para penjabat Bupati kita bisa segera menyiapkan rakor virtual membangun koneksitas antara pelaku UMKM dengan Diaspora, di banyak negara sebenarnya Pemprov juga kemampuannya sangat terbatas untuk membangun koneksitas itu tetapi BI itu memberikan support yang luar biasa, jadi nanti, besok pun juga kalau akan mengikuti kita akan ke Situbondo ada BI OJK dan seterusnya tapi kita bisa melakukan secara virtual produk-produk dari Desa A ke desa B. 

 

Suasana yang mungkin terjadi potensi berkerumun saya minta tolong kalau panjenengan akan wisata yang sepuh ngapunten sebaiknya tinggal di rumah, kalau yang terdeteksi komorbid misalnya ada hipertensi dan asma sebaiknya sementara tinggal di rumah artinya bahwa covid-19 ini belum berhenti penyebarannya, kita pada posisi yang belum aman. 

 

 

Peragaan atraksi berkuda & memanah oleh atlit Kab. Sidoarjo. Peresmian wisata olahraga oleh Gubernur Jatim dgn pemotongan pita serta penandatanganan prasasti dan meninjau Lokasi wisata olahraga baru. Gubernur Jatim beserta Forkopimda melaksanakan penebaran benih ikan air tawar di sungai Desa Kalidawer Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo. Bahwa pameran produk unggulan Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 kegiatan hari ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mengembalikan perekonomian masyarakat Sidoarjo.


BERITA LAINNYA

 

 

KOMANDAN
KASDIM
GALERI FOTO
PENGUMUMAN

PENGUNJUNG