08 Agustus 2016

Koramil 0816/06 dalam mensukseskan program Swasembada pangan,laksanakan pembasmian hama wereng

Diposting oleh : Super Administrator
- Dibaca: 234 kali

Koramil 0816/06 Tanggulangin. Upaya Khusus (Upsus) Kodim 0816/Sidoarjo dalam mensukseskan program Swasembada pangan, salah satunya dengan program "Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman". Kodim 0816/Sidoarjo bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan serta para Kelompok Tani.

Menindaklanjuti program tersebut, Koramil 0816/06 Tanggulangin bersama dengan Dinas Pertanian, Mantri Kec. Tanggulangin, PPL Kec. Tanggulangin dan para PoktanĀ  melaksanakan kegiatan pengobatan Hama Wereng Coklat yang melanda sawah seluas 30 Ha di Ds. Kedensari Kec. Tanggulangin.

Hama Wereng tersebut muncul karena dampak tidak menentunya kondisi cuaca saat ini. Para Petani sangat resah dengan hama tersebut karena Hama Wereng berpotensi merusak tanaman serta dapat mengurangi hasil panen, oleh karena itu diperlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini yaitu dengan melakukan penyemprotan dengan pestisida hama.

Peltu Kartono selaku Batuud Ramil 0816/06 Tanggulangin menuturkan" kegiatan pembasmian hama ini merupakan tindaklanjut dari perintah Letkol Inf Adnre Julian S.I.P selaku Komandan Kodim 0816/Sidoarjo tentang Upaya khusus Swasembada pangan, khususnya program "Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman". Para Babinsa Ramil 0816/06 Tanggulangin selalu aktif dalam monitor perkembangan sawah di masing-masing desa binaannya. Hal ini diharapkan dapat membantu permasalahan atau kendala yang dialami oleh para petani. Salah satunya yang dialami sawah di Ds. Kedensari, sawah seluas 30 Ha tersebut mulai terindikasi oleh serangan hama Wereng. Diharapkan dengan penyemprotan tersebut, hama wereng dapat teratasi. Sehingga hasil panen dapat semaksimal mungkin", pungkasnya.

Sutoyo (48) salah satu petani mengatakan " kami sangat berterima kasih kepada TNI khususnya Ramil 0816/06 Tanggulangin yang selalu mendampingi para petani dilapangan, serta sudah berusaha memberikan solusi-solusi disaat para petani mengalami permasalahan, salah satunya serang hama Wereng tersebut. Saya berharap panen kali ini bisa meningkat dibandingkan dengan panen tahun yang lalu". (Dik)


BERITA LAINNYA

 

 

KOMANDAN
KASDIM
GALERI FOTO
PENGUMUMAN

PENGUNJUNG