27 Maret 2022

Babinsa Koramil 04/Porong laksanakan pengamanan gerakan BISA

Diposting oleh : Lina
- Dibaca: 425 kali

Sidoarjo, Kegiatan Gerakan BISA Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) yang dihadiri Sdr. Puti Guntur Soekarno (Anggota DPR RI F-PDIP) bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, diikuti ± 100 orang dilaksanakan di Candi Pari Jl. Purbakala Desa Candipari Kec. Porong Kab. Sidoarjo. Babinsa dan Babinkamtibmas wilayah Kecamatan Porong Sidoarjo melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut. 

 

Bapak joko Supriadi, Kepala Dinas Pariwisata Sidoarjo menyampaikan, "Terkait dengan perkembangan kondisi pandemi covid-19 sudah memasuki level 2 sesuai informasi saya terima dari teman-teman rumah sakit Sidoarjo. Sangat kita syukuri ini sudah 0 pasien saat ini dan sangat mendorong situasi yang seperti ini kepada dunia pariwisata khususnya walaupun tidak ada ini secara potensi wisata seperti ini yang cantik dan tradisional memang sedikit  Candi yang ada seperti Candi Pari, Candi Sumur, Candi Pamotan,  yang terkait dengan Majapahit. Walaupun kita tidak memiliki peninggalan candi yang seperti di Mojokerto ini tetap menjadi milik warga Sidoarjo dan menjadi destinasi utama di Sidoarjo. Dengan dorongan Bapak. Wakil ketua DPRD dan Ibu Kasipah  dari Komisi D DPRD Sidoarjo,  micro tiap hari Selasa Rabu memberikan program- program khusus untuk siswa yang berangkatnya dari kantor kami kemudian berkeliling ke museum MPU Tantular kemudian ke lumpur Sidoarjo kemudian ke Tanggulangin dn memberikan secara geratis kira-kira untuk 50 orang kemudian Sabtu Minggu kita juga mengadakan city tour yang gratis untuk warga masyarakat Sidoarjo." Tuturnya. 

 

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi menyampaikan, "Dalam kesempatan ini pada kegiatan gerakan BISA (bersih Indah sehat dan aman)  pertama kami memberikan apresiasi kepada Ibu Putri Guntur Soekarno dari Komisi 10 DPR RI yang mendukung program kami sehingga kami dalam memajukan pariwisata. Demi dapat terlaksana dengan baik segala ucapan terima kasih juga kepada bapak ibu para undangan yang telah hadir pada pagi hari ini yang secara aktif berkolaborasi bersama kami untuk mendorong pariwisata. Bapak Ibu yang kami hormati sesuai dengan tema pada hari ini mengenai destinasi wisata sebagai tujuan wisata insentif Kabupaten Sidoarjo ini memiliki keragaman untuk wisata buatan alam dan juga wisata sejarah yang salah satunya adalah cagar budaya yang merupakan peninggalan clasik." Tutur Ibu Eni Komiati.

 

Puti Guntur Soekarno (Anggota DPR RI F-PDIP), yang intinya "Seluruh peserta gerakan bisa bersih Indah sehat dan aman beberapa waktu lalu Ketika saya berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo Saya berjanji saya akan mengangkat budaya yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini utamanya di desa Candi Pari. Pariwisata Kabupaten Sidoarjo ini harus dikenal bahwa punya Situs budaya kearifan lokal destinasi wisata budaya religius dan tentunya menjadi tempat edukasi bagi putra-putri khususnya peserta didik dari Kabupaten Sidoarjo. Kota kabupaten yang berbatasan dengan kota Sidoarjo ini, maka Hari ini saya menepati janji saya untuk datang ke pariwisata Candi pari ini kemudian ibu bisa lihat betapa indah dan cantiknya Candi Pari ini yang ada di wilayah Desa Candi pari Kecamatan porong. Belum banyak yang tahu dengan keberadaan pariwisata ini, Jadi kita harus berpikir apa yang kita bisa angkat untuk melestarikan wisata ini, dan saya harap kepada ibu-ibu di wilayah sekitar Candi Pari atau anak-anak muda yang ada di sini mulai melakukan satu kegiatan kebudayaan seperti seni tari dan yang lainnya diharapkan kepada Bapak kepala Desa agar pendoponya bisa digunakan untuk latihan seni tari rutin yang diikuti oleh adik-adik di desa Candi Pari. Dan untuk ibu-ibunya membuat karya kerajinan dan membuat panganan-panganan yang kemudian nanti pada suatu ketika sudah bisa terkoordinir dengan baik. Saya berharap untuk kedepannya pengunjung yang datang ke Candi Pari bisa melihat menikmati seni budaya yang ditarikan oleh anak-anak kita, anak-anak muda sekaligus juga melestarikan budaya lalu kemudian juga bisa menikmati panganan pangan yang dihasilkan oleh ibu-ibu di sekitar Desa Candi Pari ini." Ujarnya.

 

 Serma Winarto menyampaikan, "Kami selaku Babinsa Porong selalu siap mengamankan kegiatan di wilayah kami. Khususnya hari ini kegiatan BISA (bersih Indah sehat dan aman) bertujuan  untuk mendorong para  pengusaha pariwisata dan industri untuk meningkatkan kesiapan,  mengantisipasi perubahan, dan melakukan adaptasi agar dapat menarik kembali kepercayaan dari wisatawan dengan menekankan pada empat aspek yang terdiri dari kebersihan, keindahan, kesehatan dan keamanan." Pungkasnya.


BERITA LAINNYA

 

 

KOMANDAN
KASDIM
GALERI FOTO
PENGUMUMAN

PENGUNJUNG