28 Februari 2024

Babinsa Koramil 0816/04 Porong dan Warga Pamotan Bersatu dalam Tradisi Ruwah Desa Penuh Sholawat

Diposting oleh : Lina
- Dibaca: 63 kali

Sidoarjo, 27 Februari 2024 – Halaman Kantor Desa Pamotan akan berubah menjadi pusat kegiatan spiritual pada malam Selasa tanggal 27 Februari 2024, dengan diadakannya perayaan Ruwah Desa yang diisi dengan gemuruh sholawat. Kegiatan ini menandai momen spesial dimana anggota Koramil 0816/04 Porong Sertu M. amin akan bersama-sama dengan warga merayakan acara ini.

Ruwah Desa, yang telah lama dianggap sebagai kegiatan yang menunjukkan solidaritas dan persatuan, akan mendapatkan dimensi spiritual tambahan di Pamotan melalui harmonisasi berbagai elemen masyarakat. Acara ini, yang dihadiri oleh para pemuka agama dan pejabat dari pemerintahan, tidak hanya bertujuan untuk merayakan namun juga untuk memperkokoh memori positif dan solidaritas sosial.

Kekhusyukan diharapkan akan semakin terasa dengan kehadiran Habib Ahmad Assegaf dari Tuban, yang dikenal luas atas kepemimpinannya dalam sholawat. Sekcam Porong, Bp. Santoso SH. M Ap, beserta 3 anggota dari kecamatan, menegaskan dukungan pemerintahan lokal terhadap acara ini. Keamanan acara akan senantiasa terjaga dengan kehadiran 4 anggota Koramil dan representasi dari Kapolsek Porong, Iptu Juri dengan 5 personelnya.

Kades Pamotan, Bp. M.Rhosul, beserta perangkat desa akan menerima semua tamu dengan hangat, sementara Ustad Yahya bersama anggota BPD Desa Pamotan siap memberikan pencerahan rohani melalui sambutannya. Komitmen komunitas juga terlihat dari partisipasi aktif para Ketua RT/RW Ds. Pamotan dan bantuan kenyamanan yang diberikan oleh 30 personel Banser NU. Keamanan lebih lanjut disokong oleh 20 anggota Linmas.

Puncak dari acara Ruwah Desa ini adalah Pembacaan Sholawat Nabi, yang akan dipimpin oleh Habib Ahmad Assegaf, bertujuan untuk meningkatkan aura kedamaian dan kerukunan. Sejumlah 600 warga desa dipastikan akan hadir, memadati halaman kantor desa untuk menjadi bagian dari tradisi yang penuh makna ini.

Acara ini akan dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan dengan sambutan dari Ustad Yahya dan Kades M.Rohsul.


Sertu M. Amin dari Koramil 0816/04 Porong mengungkapkan bahwa perayaan Ruwah Desa ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk menguatkan tali persaudaraan dalam bingkai keharmonisan kehidupan beragama, meningkatkan toleransi dan semangat gotong royong. Acara akan diakhiri dengan doa bersama yang diharapkan memberikan keberkahan bagi desa dan penduduknya.

Melalui Ruwah Desa, di Pamotan terbina tradisi yang bertujuan untuk membersihkan diri dan desa dari pengaruh negatif serta untuk mengingatkan akan pentingnya kesejahteraan dan keberkahan bagi seluruh warga.


BERITA LAINNYA

 

 

KOMANDAN
KASDIM
GALERI FOTO
PENGUMUMAN

PENGUNJUNG