03 Juni 2016

Bakesbangpol bersama Kodim 0816/Sidoarjo berikan wasbang kepada siswa SMK/SMA se Kab.Sidoarjo

Diposting oleh : Super Administrator
- Dibaca: 432 kali

Dalam upaya meningkatkan rasa cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bakesbangpol Pemkab. Sidoarjo bekerjasama dengan Kodim 0816/Sidoarjo, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Selasa (31/05/2016) bertempat di Aula. Rumah Makan Warung Rejo, Sidoarjo memberikan wawasan kebangsaan kepada SMA/SMK se Kab. Sidoarjo yang berjumlah 150 orang, adapun yang bertindak sebagai narasumber antara lain: Letkol Inf Andre Julian, S.IP (Komandan Kodim 0816/Sidoarjo), Dr. Ayu (Unmu Sidoarjo) dan Dr. Sutanto (Untag Surabaya).
    

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan oleh panitia penyelenggara dalam hal ini Kasub Bid. Pembahuran dan Ham  Bakesbangpol Pemkab Sidoarjo, Drs. Saiful Rohman M.Pd. Diharapkan dengan terselenggarannya program tersebut dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, memberikan pencerahan, membangkitkan rasa cinta tanah air serta dapat mecetak generasi penerus bangsa yang berwawasan kebangsaan. Peserta diharapkan dapat menyerap materi yang akan diberikan oleh instruktur dengan sebaik-baiknya sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Pentingya pembinaan generasi muda untuk dijadikan sebagai kader bela negara merupakan suatu kebutuhan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hal tersebut tidak lepas dengan semakin melunturnya jiwa juang, patriotisme, rasa cinta tanah air dan rasa bela negara dikalangan generasi muda, tutur” Saiful Rohman”.
    

Selanjutnya sambutan oleh Bupati Sidoarjo yang diwakili oleh Staf Ahli bidang hukum dan Politik Bpk. Drs. Fauzi Isfandiari yang intinya sebagai berikut: Peserta dapat menumbuh kembangkan wasbang dan rasa cinta tanah air, menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap NKRI, Kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar kerena bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan serta diharapkan para peserta bisa menjadi generasi penerus yang dapat berguna bagi bangsa dan negara.
    

Acara dilanjutkan dengan pemberian wawasan kebangsaan oleh Letkol Inf Andre Julian, S.IP dengan materi sebagai berikut : NASIONALISME PEMUDA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN NIRMILITER. Dalam paparannya Dandim menuturkan tentang bahaya ancaman selain perang/nirmliter.

Ancaman Nir militer nyata saat ini yang ada di Indonesia antara lain: Terorisme, Bencana Alam, pelanggaran perbatasan negara, narkoba, bahaya cyber, kelompok separatis, penyebaran penyakit serta infiltasi budaya. Para pemuda merupakan objek utama yang akan diserang oleh pihak lawan atau yang berkepentingan. Oleh sebab itu dengan kegiatan tersebut diharapakan para generasi penerus bangsa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi demi keutuhan NKRI.
    

Dandim mengajak kepada para peserta untuk lebih menyadari dan memahami terhadap kondisi saat ini dan masa yang akan datang, sehingga tidak salah dalam bersikap dan bertindak. Dengan kegiatan wasbang, tentunya akan memberikan tambahan wawasan dan pemahaman, dan yang lebih penting lagi mereka memiliki kemantapan rasa cinta tanah air dan rasa bela negara sebagai calon pemimpin dimasa mendatang.
    

Mari kita berubah mejadi lebih baik dan lebih bermanfaat, jadilah pemuda Indonesia yang tegar, dewasa dalam berfikir bertindak serta bernasionalisme yang tinggi terhadap NKRI, tutur” Letkol Inf Andre Julian, S.IP”.


BERITA LAINNYA

 

 

KOMANDAN
KASDIM
GALERI FOTO
PENGUMUMAN

PENGUNJUNG