02 Juli 2024

Peduli Kesehatan ODGJ, Peltu Lukman.N Babinsa Koramil 05/Tulangan, Bantu Evakuasi Ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

Diposting oleh : Lina
- Dibaca: 48 kali



Sidoarjo, Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atas nama Bapak Choiron Rois (51 th), dengan alamat RT 11 RW 4 Desa Kepadangan Kec. Tulangan. Babinsa Koramil 05/Tulangan Jajaran Kodim 0816/Sidoarjo bersama Babinkamtibmas dan Dinsos melakukan penanganan kesehatan dengan cara mengobatkan yang bersangkutan ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. selasa (02/07/2024)

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan Babinsa beserta Dinsos melalui Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak menular dan Kesehatan Jiwa,” terang Peltu Lukman

Ditegaskannya, Peltu Lukman, dirinya bersama tiga Pilar terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara komprehensif, berkesinambungan dan bermutu melalui pelayanan kesehatan berupa upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

Peltu Lukman mengakui, peningkatan kualitas hidup ODGJ juga semakin sulit dilakukan karena masih rendahnya pengetahuan ODGJ, keluarga dan masyarakat mengenai isu kesehatan jiwa.

“Selain itu, banyak ODGJ yang belum memiliki kepatuhan dalam mengkonsumsi obat secara rutin. Kurangnya pengetahuan serta motivasi dari keluarga untuk lebih peduli terhadap ODGJ sehingga pengawasan maupun pengontrolan dalam patuh minum obat masih rendah,” jelasnya.

Kemudian keluarga maupun ODGJ juga untuk mengakses fasilitasi kesehatan  masih rendah. Sehingga pengawasan maupun pengontrolan dalam patuh minum obat masih rendah.

Disela-sela kegiatan Babinsa Koramil 05/Tulangan Peltu Lukman  menjelaskan “Untuk  perlu peran serta keluarga, lintas sektoral, warga masyarakat  dalam pendampingan ODGJ sangatlah dibutuhkan, Upaya yang terus dilakukan, yakni “Cegah Kekambuhan Dengan Minum Obat Teratur” (CEMBOKUR), melakukan Kunjungan Rumah Kesehatan Jiwa dan Konseling Bagi Keluarga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Pemantapan Pengawasan Minum Obat ODGJ, serta melakukan Komunikasi dan koordinasi serta advokasi kepada lintas sektoral terkait (Kepala Desa dan Dinas Sosial) untuk menerapkan sistem rujukan yang efektif untuk kasus kesehatan jiwa yang berat di dalam masyarakat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini ODGJ kualitas hidup ODGJ menjadi lebih baik, keluarga dan masyarakat dapat berpartisipasi dengan pro aktif serta lintas sektoral dapat bekerjasama dengan baik,” harapnya


BERITA LAINNYA

 

 

KOMANDAN
KASDIM
GALERI FOTO
PENGUMUMAN

PENGUNJUNG